IMG-LOGO

Sejarah Desa

Create By 26 August 2016 8 Views

SEJARAH DESA BANGSRI

Pada zaman dahulu pengembaraan dengan maksud dan tujuan yang berbeda adalah suatu hal yang biasa dilakukan oleh tokoh tokoh kerajaan ataupun para pendekar, konon ceritanya ada sepasang suami istri yang mereka adalah tokoh dari kerajaan solo melakukan pengembaraan, tokoh tersebut bernama Ki Kembang dan Nyai Asri , mereka berdua melakukan pengembaraan hingga mereka sampai di lereng pegunungan Sikapat tepatnya di lereng bagian barat, singkat cerita mereka merasa betah dan kerasan ditempat itu hingga memutuskan untuk menetap dan hidup di lereng pegunungan sikapat tersebut. Sejak saat itu atau mungkin sejak terdengarnya keinginan dari Ki kembang dan Nyai Asri bahwa tempat tersebut agar cepat berkembang dan asri maka tempat itu diberi nama Bangsri. 

Demikian sekilas tentang cikal bakal dan asal nama desa bangsri, adapun sejarah pembangunan desa bangsri dari berbagai bidang sejak dirintisnya desa kurang terdokuman dengan baik, akan tetapi akan tetapi kita bisa melihat tiga dekade terakhir pembangunan desa bangsri ada kemajuan walaupun belum seperti apa yang kita harapkan. Pada masa kepemimpinan bapak Mawardi berdiri saranan pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang mana dibidang pendidkan ini sebelum beliau memegang pemerintahan telah berdiri sarana pendidikan agama berupa pondok pesantren Salaf Bidayatuttholibin. Pembangunan pembangunan dibidang pendidikan di desa bangsri ada kesinambungan yang baik.

Kedudukan kepala Desa digantikan oleh Bapak Zaenal Arifin, pada masa kepemimpinan ini pembangunan dibidang pendidikan tidak kalah dari kepemimpinan sebelumnya, Sekolah Dasar Negeri berdiri pada masa beliau menjabat, prestasi lain pembangunan infra struktur jalan poros desa dengan program pengerasan, hasil dari pekerjaan itu sangat bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat, peningkatan kesadaran beragama dengan melestarikn dan melakukan perbaikan tempat beribadatan berupa mushola dan masjid, pembangunan irigasi dan pembangunan pembangunan dibidang lain. Pada tahun1999 sampai dengan tahun 2013 Kepala desa Bangsri dijabat oleh Bapak Abdurrohman Machsul, banyak pembangunan pada masa beliau menjabat dilaksanakan, diantaranya pembangunan senderan jalan, kesadaran pengadaan air bersih secara swadaya, rehab jembatan, peningkatan pelayanan masyarakat, pengerasan jalan antar dusun, dan peningkatan kesadaran beragama serta peningkatan kualitas kelembagaan.

Demikian sejarah singkat pembangunan desa pada masa sebelum Bapak Sugeng Susanto menjabat, diharapkan dengan adanya penerapan pendampingan program dasar pembangunan parsitisipatif ini dapat menghasilkan dampak positif di desa Bangsri khususnya akan mendorong laju perkembangan pembangunan secara maksimal.

IMG
IMG
IMG