IMG-LOGO

Profil Masyarakat Desa

Create By 29 July 2013 10 Views

Berdasarkan data desa pada bulan Oktober 2019, jumlah penduduk Desa Bangsri sebanyak 1.562 jiwa. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 520 KK.

Jumlah penduduk Desa Bangsri usia produktif pada tahun 2019 adalah 318 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

92

113

205

2

SD

331

296

692

3

SLTP

139

151

290

4

SLTA

57

42

99

5

Akademi

4

3

7

6

Perguruan Tinggi

2

1

3

Jumlah Total

625

606

1.296

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Bangsri sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Dusun memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Bangsri kerap menggelar acara peringatan dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Bangsri terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdhotul Ulama.

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Dusun turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan HUT RI tersebut.

Kelompok pemuda di Desa Bangsri yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan bagi kawula muda, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana.

Sejumlah penduduk Desa Bangsri bekerja merantau di  luar Daerah. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Desa Bangsri yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk paguyuban untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan. Setiap bulan diadakan kegiatan arisan keliling secara bergilir di setiap tempat anggotanya. Setiap setahun sekali diadakan pula kegiatan mudik bersama ke kampung halaman di Desa Bangsri.

 

 

Profil politik masyarakat

Warga Desa Bangsri dikenal sebagai kelompok masyarakat yang  aktif dan memiliki potensi tinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa inicukup besar jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Bangsri adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sekalipun jumlah pengangguran di Desa Bangsri pada Tahun 2019 hanya sedikit tetapi kebanyakan mereka bekerja di luar Desa. Jadi, perlu gerakan kembali ke Desa serta menarik sumber-sumber ekonomi yang ada di desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa maupun luar daerah.

 

Sumber:
PPID Desa Bangsri